Gempa Magnitudo 6,7 Rusak Rumah Warga di Pandeglang

Forumterkininews.id, Jakarta -  Gempa bumi magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banteng, Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis pusat gempa berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 10 meter.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi itu dirasakan selama 4-5 detik. Adapun lokasi yang dirasakan di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Warga sempat berhamburan keluar rumah,” kata Plt Pusdatin Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Sementara itu, laporan visual yang dikumpulkan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang rusak di bagian atap dan teras rumah.

“Guncangan gempa juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Sejumlah warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi.

Adapun, lanjut Muhari, BPBD juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempa bumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

“Hingga saat ini, BPBD beberapa wilayah tengah melakukan kajian cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” tuturnya.

Namun, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan.

Artikel Terkait