Hari Lingkungan Hidup, UNDP: Masyarakat Harus Jadi Bagian Solusi dari Krisis

Forumterkininews.id, Jakarta – Badan Program Pembangunan PBB (UNDP) di Indonesia menyerukan pesan persatuan “Kita hanya memiliki satu bumi” untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

UNDP Indonesia hari ini meluncurkan sebuah pesan video yang menyoroti keragaman bangsa dan etnisitas, namun berbicara dalam satu suara untuk mendukung pentingnya tema tahun ini “Kita Hanya Memiliki Satu Bumi”, kata UNDP Indonesia dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dalam video tersebut, para staf UNDP Indonesia mengajak masyarakat menjadi bagian dari solusi krisis lingkungan hidup.

Mereka menyampaikan pesan dalam bahasa isyarat dan bahasa-bahasa ibu mereka, seperti Bahasa Indonesia, Padang, Toraja, Swahili, Mandarin dan Inggris.

Pesan tersebut disampaikan seraya memegang tanaman untuk melambangkan pertumbuhan dan pembangunan.

“Tindakan cepat akan dapat memelihara planet ini secara berkelanjutan. Tindakan cepat juga memberi kita hasil yang harus kita lindungi,” kata John Kimani, anggota staf UNDP Indonesia dari Kenya.

Pesan itu diterbitkan UNDP Indonesia beberapa hari setelah pelaksanaan pertemuan internasional untuk kelestarian lingkungan Stockholm+50. Dimana pertemuan ini menandai setengah abad sejak konferensi pertama dilakukan.

Menurut UNDP, Indonesia adalah salah satu negara yang paling rentan terhadap perubahan iklim. Diikuti peningkatan polusi global, serta kepadatan penduduk yang lebih tinggi dan tingkat konsumsi yang tidak berkelanjutan.

Para pendukung lingkungan hidup berharap konferensi Stockholm+50 menyediakan platform bagi Indonesia untuk mengadvokasi prioritasnya dalam mengatasi perubahan iklim. Terutama melalui konsumsi yang berkelanjutan dengan pengembangan ekonomi sirkular. Kemudian juga melalui pengelolaan laut secara berkelanjutan, dan pengurangan sampah plastik laut.

Artikel Terkait