Indonesia Izinkan Penggunaan Vaksin Novavax

Forumterkininews.id, Jakarta – Indonesia telah memberikan otorisasi penggunaan vaksin Covid Novavax. Indonesia pun tercatat sebagai negara pertama yang mengizinkan penggunaan vaksin tersebut dalam kondisi darurat.

Melansir AGENCES via CNA, perusahaan bioteknologi Novavax mengatakan, untuk Indonesia sendiri suntikan tersebut akan diproduksi oleh produsen vaksin terbesar di dunia, Serum Institute. Dan, akan dijual dengan merek perusahaan India, Covovax.

Novavax juga menyebut pengiriman awal ke Indonesia diharapkan akan segera dimulai.

Ahli Epidemiologi Indonesia Dicky Budiman mengungkapkan, otorisasi darurat vaksin adalah langkah yang sangat penting untuk program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Vaksin ini akan lebih mudah diangkut, disimpan, dan didistribusikan di tempat seperti Indonesia yang memiliki banyak pulau,” ujarnya.

Jika peluncuran vaksin berhasil, katanya, itu bisa mengarah pada persetujuan dan penggunaan di negara berkembang lainnya.

Juni lalu, Novavax yang berbasis di AS mengumumkan bahwa vaksin tersebut telah terbukti sekitar 90 persen efektif melawan gejala Covid-19, termasuk terhadap berbagai varian virus corona.

Perusahaan menambahkan, efek samping vaksinnya ringan dan termasuk nyeri di tempat suntikan, sakit kepala, nyeri dan kelelahan.

Selain Indonesia, Novavax mengatakan telah mengajukan otorisasi vaksin di Inggris, Uni Eropa, Kanada, Australia, India dan Filipina.

Artikel Terkait