Izin TikTok Dibekukan, Ini 7 Aplikasi live Streaming untuk Jualan Online

Izin TikTok di Indonesia saat ini dihentikan sementara oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) sejak Jumat, 3 Oktober 2025.
Pembekuan ini terjadi karena TikTok tidak dapat atau menolak mengirimkan data yang diminta oleh Komdigi terkait aktivitas live streaming selama demo di beberapa daerah pada akhir Agustus 2025, termasuk data trafik, aktivitas monetisasi, dan jumlah pemberian hadiah.
"Langkah ini merupakan bentuk ketegasan pemerintah setelah TikTok hanya memberikan data secara parsial atas aktivitas TikTok Live selama periode unjuk rasa 25–30 Agustus 2025,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Kemkomdigi Alexander Sabar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat kemarin.
Baca Juga: Tersangka Judol di Bekasi Tambah Menjadi 14 Orang, Salah Satunya Staf Ahli Komdigi
Meski izin Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) TikTok dibekukan, layanan TikTok masih bisa diakses dan digunakan oleh masyarakat seperti biasa.
Aplikasi TikTok. [Pexels]
TikTok juga sedang dalam komunikasi dan koordinasi dengan Komdigi untuk mencari solusi agar kewajiban data ini dapat dipenuhi sehingga status izin bisa berharap kembali.
Baca Juga: Polri Gencar Sikat Bandar Judi Online, Meutya Hafid Klaim Sudah Blokir 187 Ribu Situs Judol: Terbanyak Sepanjang Sejarah
Pembekuan ini merupakan sanksi administratif terkait dugaan pelanggaran kewajiban data serta indikasi monetisasi live streaming yang terindikasi judi online.
Bagi Anda yang kerap menggunakan TikTok untuk jualan online, berikut 7 aplikasi live streaming.
Aplikasi live streaming selain TikTok yang bisa membantu jualan antara lain:
Ilustrasi live streaming. [Pexels]
1. SHOPEE Live - platform khusus untuk penjual di SHOPEE, mudah digunakan untuk mempromosikan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
2. Instagram Live - banyak penjual mengandalkan Instagram Live untuk menjualan karena bisa merekam siaran dan menyimpan di IGTV untuk dilihat ulang.
3. YouTube Live - jangkauan luas dan memungkinkan penjual mengenalkan produk melalui video langsung dengan fitur komentar interaktif.
4. Facebook Live - fitur live streaming yang mudah dipakai dan dapat menjangkau audiens melalui profil, grup, atau halaman Facebook.
5. Lazada Lazlive - live streaming di platform e-commerce Lazada untuk promosi sekaligus memberikan voucher pada pemirsa.
6. Snack Live - fitur live shopping di aplikasi Snack Video yang juga bisa digunakan berjualan.
7. Twitch - populer untuk komunitas gamer tapi juga bisa dimanfaatkan untuk live streaming produk dengan fitur interaktif.
Platform-platform ini memberikan fitur interaksi real-time dengan calon pembeli, penyematan produk, dan potensi promosi yang efektif.
Pilihan aplikasi dapat disesuaikan dengan target pasar dan jenis produk yang dijual. Semua aplikasi tersebut mendukung fungsi live streaming untuk penjualan dengan metode yang berbeda-beda namun efektif.