Jerawat di Leher, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

FTNews – Jerawat atau acne menjadi salah satu masalah yang kerap dialami perempuan maupun laki-laki. Kemunculannya bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan menurunkan percaya diri. Apalagi bila jerawat di leher muncul.

Penyebab kemunculannya bermacam-macam, mulai dari faktor hormon hingga polusi udara. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, simak ulasan berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Penyebab

1. Hormon

Perubahan hormon yang terjadi ketika masa pubertas, menstruasi, dan kehamilan dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan menyebabkan pertumbuhan jerawat.

2. Produksi Minyak Berlebih

Minyak pada kulit diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Apabila kelenjar ini memproduksi minyak secara berlebih ditambah paparan kotoran dari polusi udara, akibatnya pori-pori tersumbat dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

3. Keringat

Cuaca panas dan olahraga dapat mengakibatkan keringat berlebih dan menyebabkan penumpukan kotoran di permukaan kulit. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, pasti memicu pertumbuhan jerawat.

4. Gaya Hidup

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula, minyak, dan lemak tinggi dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan kesehatan kulit. Sehingga, memicu timbulnya jerawat di leher.

Jerawat di Leher
Ilustrasi Foto: The Independent

Cara Mengatasi

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Pastikan untuk mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari. Mencuci wajah dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit, menghilangkan minyak berlebih, dan membersihkan sel kulit mati.

2. Gunakan Produk Anti-Jerawat

Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Kedua bahan ini berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di leher.

3. Eksfoliasi Rutin

Lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang sulit dibersihkan. Namun, perlu diingat bahwa eksfoliasi berlebihan bisa menyebabkan kulit iritasi.

BACA JUGA:   Hindari Mengikat Rambut Saat Tidur, Ini Akibatnya

3. Perawatan Alami

Kamu juga dapat menggunakan bahan alami, seperti madu, aloe vera, dan tea tree oil untuk mengatasi jerawat di leher. Sebab, tea tree oil  mempunyai sifat anti-bakteri, sementara aloe vera dan madu berguna untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

4. Konsultasi ke Doker

Apabila jerawat tak kunjung sembuh, padahal kamu telah menggunakan bahan alami dan produk perawat, segera konsultasikan kepada dokter. Mereka dapat memberikan perawatan yang lebih intensif seperti obat oral atau prosedur medis.

Artikel Terkait