Kebiasaan Buruk Ini Menyebabkan Rambut Bercabang, Hindari!

FTNews – Rambut merupakan mahkota bagi semua orang. Kesehatannya membuat kita percaya dari dalam setiap penampilan. Sayangnya, tanpa disadari kita melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan rambut bercabang.

Rambut sendiri terdiri atas tiga lapisan, yaitu kutikula, medula, korteks. Kutikula merupakan lapisan terluar rambut, fungsinya melindungi bagian dalam rambut yang lebih rentan. Medula adalah bagian paling sentral dan terdiri dari sel-sel tanduk yang telah mengisut dan berbentuk tidak menentu. Sementara, korteks ialah bagian terbesar rambut yang berada di tengah setiap helai.

Kebiasaan yang tak disadari membuat rambut jadi bercabang dan merusak penampilan. Untuk itu, hindari kebiasaan berikut agar rambut selalu sehat.

Hindari Kebiasaan Ini Supaya Rambut Tidak Bercabang

Menyisir Secara Kasar

Penggunaan sisir dengan bilah yang terlalu rapat membuat rambut sulit ditata. Akibatnya, kita menyisir dengan kasar.

Jika kondisi ini terus dilakukan, maka akan berdampak pada kerusakan kutikula yang melindungi batang rambut. Kebiasaan ini lah yang menyebabkan rambut bercabang.

menyebabkan rambut bercabang
Foto: Freepik

Mengikat Rambut dalam Keadaan Basah

Kondisi rambut basah meningkatkan risiko mudah bercabang dan patah. Untuk itu, biarkan rambut mengering secara alami sebelum mengikatnya.

Kamu juga dapat mengeringkannya dengan handuk dengan lembut untuk menyerap kelebihan air, tapi hindari menggosok rambut secara kasar.

Penggunaan Alat Penata Berlebihan

Alat penata seperti catokan, hair dryer, dan curling iron secara berlebihan dapat menyebabkan rambut bercabang. Pasalnya, paparan panas dari alat penata bisa merusak struktur rambut, selain itu membuatnya rapuh dan mudah patah.

Untuk mengurangi risiko, penting untuk mengatur suhu alat penata dan gunakan heat protector pada rambut. Kamu juga perlu mengurangi intensitas penggunaan alat penata guna memberikan kesempatan bagi rambut untuk pulih.

BACA JUGA:   Tetap Cantik dan Bugar ala Desy Ratnasari di Usia Kepala Lima
menyebabkan rambut bercabang
Foto: Freepik

Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Bahan kimia untuk  pewarna, bleaching, atau produk perawatan yang mengandung bahan kimia keras bisa menyebabkan rambut bercabang. Sebab, bahan kimia dapat membuat rambut lebih rapuh, kering, dan rentan rontok.

Sebelum menggunakan bahan kimia, kamu perlu memperhatikan jenis produk dan batasi penggunaan bahan kimia yang keras. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami dan berbahan dasar ringan untuk menjaga kesehatan rambut.

Artikel Terkait