Komisi IV DPR Apresiasi Rehabilitasi Mangrove di Sumut

Forumterkininews.id, Jakarta -Program rehabilitasi atau pemulihan mangrove bagi ketahanan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di Sumatera Utara mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini.

“Kami melihat secara langsung salah satu contoh program pemulihan mangrove yang dilakukan oleh BRGM di Sumatera Utara ini. Hal ini sejalan dengan komitmen Presiden, dan tentunya Komisi IV DPR untuk mengendalikan perubahan iklim salah satunya dengan cara rehabilitasi mangrove,” ujar Anggia dalam Kunjungan kerja Reses Komisi IV DPR RI, Sumatera Utara, Senin (21/2).

Anggia menjelasakan, Mangrove dapat menyimpan banyak oksigen sekaligus dapat mengurangi emisi karbon. Terlebih lagi menjelang gelaran Presidensi G20 Maret 2022 mendatang, dimana Indonesia perlu menunjukkan kepada dunia internasional betapa besar kepedulian negara kita terhadap lingkungan.

“Tidak hanya itu, dengan adanya pemulihan mangrove juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Mangrove bisa dibudidayakan tambak ikan dan kepiting,” Anggia melanjutkan.

Sayangnya, dari hasil peninjauan ke lokasi ditambah diskusi langsung dengan petani mangrove diketahui bahwa proyek ini hanya berlangsung selama dua bulan. Padahal, dalam proses pemulihan atau rehabilitasi mangrove, banyak tahapan yang harus dilalui sehingga butuh waktu yang lebih juga agar mangrove dapat tumbuh besar.

“Tentu hal ini cukup kami disayangkan, mengingat untuk bisa tumbuh besar butuh waktu pemeliharaan yang lebih dari dua bulan. Mangrove usia dua bulan hanya tumbuh beberapa sentimeter saja, dan itu masih sangat rentan untuk rusak dan mati,” jelas politisi dari Fraksi PKB ini.

Selain itu, Komisi IV DPR juga menerima masukan dari petani, terkait perbaikan jalan atau infrastruktur menuju lokasi. Hal ini diakui Anggi memang bukan wewenang dari BRGM. Namun tentu harus dikordinasikan dengan instansi berwenang, Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:   Eril Belum Ditemukan, Ratusan Relawan Ridwan Kamil Doa Bersama

Dalam kesempatan itu, Anggia juga didampingi anggota Komisi IV DPR RI lainnya seperti Djarot Syaiful Hidayat, Salim Fakhry, Hanan Rozak, Dwita Ria Gunadi, Endang Setyawati Thohari, Julie Sutrisno, Luluk Nurhamidah, Slamet, dan Johan Rosihan.

Artikel Terkait