Nasional Sepekan, Penyerahan Tanah dan Air di IKN hingga Pencabutan HET Migor

Forumterkininews.id, Jakarta-  Berita Nasional yang menarik banyak pihak terjadi di pekan ketiga Maret 2022. Salah satunya yakni Penyerahan Tanah dan Air di Titik Nol IKN, Kementrian ATR/BPN 100 ribu hektare lahan di IKN belum bisa dibebaskan. Kemudian yang juga menjadi perhatian adalah kebijakan pemerintah mencabut kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Goreng. Terakhir, aksi 20 parade pebalap MotoGP di Jakarta.

Penyerahan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatukan seluruh air yang dibawa gubernur di titik nol Ibu Kota Negara Kesatuan, Senin (14.3). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, kehadirannya bersama seluruh gubernur se Indonesia dalam rangka mewujudkan sebuah cita-cita dan perkerjaan besar.

Hal itu dikatakan Jokowi saat prosesi penyerahan tanah dan air oleh 34 Gubernur di seluruh Indonesia di Titik Nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

“Saya hadir disini bersama 34 Gubernur dari 34 Provinsi di seluruh tanah air dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur.  Tadi, tanah dan air yang dibawa 34 Gubernur telah kita satukan. Selanjutnya akan digabung di tempat yang menjadi lokasi IKN,” ujarnya melalui siaran langsung Youtube Setpres, Senin.

Kementerian ATR/BPN: 100.000 Hektare Lahan di IKN Belum Bisa Dibebaskan

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) merilis progres pembebasan lahan untuk kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Dalam rilis tersebut diungkapkan, 40 persen lahan yang akan dijadikan kawasan IKN belum bisa dibebaskan dalam waktu dekat.

Staff Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Teuku Taufiqulhadi mengatakan, 40 persen lahan yang belum dibebaskan merupakan lahan di luar kebutuhan pokok. Seperti diketahui, untuk pembangunan IKN disediakan lahan seluas 256,142 hektare. Artinya ada 100.000 hektare lahan yang masih dimiliki pihak lain. Baik itu masyarakat ataupun perusahaan.

BACA JUGA:   Kepala BNPT: Kelompok Marginal Rawan Disusupi Kelompok Tertentu

Taufiqulhadi memastikan jika 40 persen lahan tersebut bukan merupakan lahan yang signifikan. Melainkan hanya lahan pendukung untuk pembangunan kawasan IKN.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN: 100 Hektare Lahan di IKN Belum Bisa Dibebaskan

Pemerintah Cabut Kebijakan HET dan Naikkan Harga Minyak Goreng

Pemerintah mencabut aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan. Selanjutnya, harga minyak goreng kemasan diserahkan ke mekanisme pasar dengan menyesuaikan nilai keekonomiannya.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas tentang minyak goreng di Istana Selasa (15/3) lalu. Menurut politisi Golkar ini, keputusan itu diambil setelah melihat perkembangan global. Dalam hal ini, ketidakpastian global menyebabkan harga pasokan energi dan pangan naik. Termasuk ketersediaan CPO untuk minyak goreng.

Kegembiraan Peserta Parade: Asyik Bisa Iringi Pebalap Dunia

Antusias warga DKI Jakarta terlihat saat parade 20 pebalap MotoGP mulai memasuki kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (16/3).

Pantauan forumterkininews melihat aksi pebalap MotoGP melakukan tos kepada warga DKI Jakarta saat melintas di sisi kiri jalan. Kegembiraan tidak hanya terpancar dari warga. Peserta parade juga demikian.

Salah satu komunitas Pertamina Mandalika Paropo Nauli mengatakan dirinya ikut menjadi peserta parade di grup C. Paropo menerangkan, grup A diisi 20 pebalap MotoGP, kemudian Grup B diisi pebalap Moto3 dan Moto2. Kemudian di Grup C merupakan komunitas yang dapat undangan memeriahkan acara parade.

Lebih lanjut Paropo Nauli mengatakan, ini pertama kali nya mengikuti parade 20 pebalap MotoGP 2022 setelah sekian lama pada tahun1997.

“Kita ikut meriahkan parade pebalap MotoGP ini. Moment ini sangat seru sekali dan seumur hidup dari mulai kita motor-motoran dari kecil baru ini mengiringi pebalap MotoGP,” ujarnya saat diwawancarai oleh Forumterkininews, Jakarta Rabu (16/3).

Artikel Terkait