“Nusantara” Jadi Tema Dekorasi Ibadah Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Natal 2022, Gereja Katedral Jakarta dipenuhi sejumlah dekorasi yang terpasang di berbagai titik halaman gereja.

Sejumlah jemaat yang akan melaksanakan ibadah Natal 2022 saat memasuki halaman gereja. Langsung disambut oleh sebuah pohon cemara yang dihias cantik dengan dikelilingi lampu berwarna-warni serta balon yang didalamnya terdapat wayang.

Kemudian di bawah pohon juga terdapat enam boneka yang terdiri dari tiga pasang dengan mengenakan pakaian adat daerah. Seperti Jawa, Bali, dan Papua. Diantara boneka tersebut terdapat papan hitam bertuliskan Katedral Jakarta sebagai penanda.

Sesekali tampak juga orang-orang yang akan melaksanakan ibadah mengabadikan momen terlebih dahulu di depan pohon natal tersebut.

Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan dekorasi Natal 2022 ini mengambil tema Nusantara. Hal ini untuk menunjukan cinta terhadap tanah air.

“Tentu diusahakan ada dekorasi yang juga berbeda setiap kali natal dan juga kami tetap mengusung hal-hal yang memang menjadi pesan dari bapak kardinal bagaimana kita harus cinta terhadap tanah air dan juga tentang kepedulian. Nah untuk tahun ini diambil tema natal dekorasinya adalah natal Nusantara,” kata Susyana, dalam keterangannya, Sabtu (24/12).

Selain pohon natal di depan halaman Gereja Katedral juga dapat ditemui dekorasi di Plaza Maria sebuah backdrop dibuat menyerupai wayang kulit dari bahan metal yang dilaserkan.

“Jadi backdrop berbentuk wayang memang mengangkat nilai tradisi budaya kita wayang namun bercerita tentang kelahiran kristus,” ucap Susyana.

Kemudian ada bayi kristus, Maria, dan Yosef, dan juga terdapat tiga raja yang datang. Untuk mempersembahkan hadiah serta juga ada malaikat dan juga gembala.

“Kemudian hal-hal lainnya juga ada boneka lainnya di tempat gazebo dekat patung kristus raja itu ada keluarga kudus yaitu yesus, maria, dan yosef yang menggunakan pakaian adat jawa diapit dengan dua pasang boneka yang memakai pakaian satu adat betawi mewakili kota Jakarta dan juga ada adat Kalimantan yang mewakili IKN,” ujar Susyana.

BACA JUGA:   Jelang Reshuffle, Airlangga Hartarto Siap Bekerja Diluar Kabinet 

Sementara itu juga terdapat beberapa boneka lain yang merupakan karya anak bangsa yaitu boneka dari Jepara yang terbuat dari kayu jati untuk memeriahkan Natal 2022.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...