Polantas Minta Sekarung Bawang, Kapolda Metro Kumpulkan Seluruh Kasat dan Kanit Lantas

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengumpulkan 205 perwira baik itu Kasat dan Kanit Lantas di Mapolda Metro Jaya, Kamis (4/11/2021) pagi tadi. Mereka diberikan arahan setelah imbas dari anggota Polres Bandara Soekarno-Hatta yang viral meminta sekarung bawang kepada sopir truk yang ditilang.

“Di jajaran Polda Metro Jaya, baik di polres-polres ada kurang lebih ada 205 perwira dikumpulkan baik dari tingkat Kasat maupun Kanit tingkat Polsek. Kemudian beberapa arahan beliau (Kapolda), pertama jangan sampai karena perbuatan oknum tercela kemudian karena nila setitik rusak susu sebelanga,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya.

Menurutnya banyak yang sudah dilakukan oleh jajaran Polantas baik dari PSBB, PPKM, penyekatan dan sebagainya. Namun hal itu tercederai oleh oknum-oknum nakal.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menegaskan bahwa anggota polantas berinisial J itu akan ditindak tegas. Sampai sekarang proses pemeriksaan masih berlangsung.

“Kalau memang ditemukan di situ ada pidana akan kita tindak pidana. Juga kalau jalan terakhir memang harus dipecat. PTDH (pemberhentian dengan tidak hormat) itu pun harus dilakukan kalau terbukti. Jadi ketegasan ini yang disampaikan Kapolda dan mengarahkan semua perwira-perwira yang ada,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumbnya, perbuatan tak terpuji itu terekam kamera ponsel hingga videonya viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @Pasifisstate dengan kicauan “Tiada uang, bawangpun jadi”. Kemudian ada yang membalas unggahan tersebut yang menyebutkan lokasi di Tangerang.

Dalam video yang beredar terlihat seorang sopir dan kernet truk yang baru saja dimintai sekarung bawang sebagai peganti tilang. Di belakang truk, tampak seorang petugas berdiri di samping motor. Perekam mengeluhkan tindakan petugas lalu-lintas yang justru meminta sekarung bawang ketika hendak menilang. Sopir dan kernet sebelumnya sudah menawarkan “uang damai” sebesar Rp100 ribu kepada petugas itu agar tak ditilang.

BACA JUGA:   Menhub: Hindari Kepadatan, Masyarakat Bisa Mudik Lebih Awal

“Sebelumnya aku minta maaf bos. Aku kena tilang tapi dimintai bawang satu karung,” ujar perekam video.

Kemudian perekam video itu lalu mengarahkan kameranya ke motor petugas yang di atasnya terdapat sebuah karung diduga berisi bawang.

“Tolong rekan-rekan bantu kondisinya ya. Nih saya dimintai satu karung bawang. Diberi uang Rp100 ribu tidak mau. Pelat nomor A 3870 MI,” kata perekam.

Artikel Terkait