Presiden Jokowi Minta Perang Rusia-Ukraina Disetop

Forumterkininews.id, Jakarta- Konflik Rusia dan Ukraina memasuki babak baru. Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina. Putin juga meminta tentara di negara itu untuk meletakkan senjata mereka, menentang Barat dan seruan global untuk tidak melancarkan perang.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitter resminya @jokowi menyerukan penghentian perang di Ukraina.

“Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia,” demikian Presiden Jokowi mencuit pada pukul 18.15 WIB, Kamis (24/2).

Sebelumnya pada Selasa, 22 Februari 2022, Presiden Jokowi juga menyampaikan pandangan mengenai krisis di Ukraina melalui akun twitternya.

“Saya memiliki pandangan yang sama dengan Sekjen PBB Antonio Guterres bahwa penanganan krisis Ukraina harus dilakukan secara cermat agar bencana besar bagi umat manusia bisa dihindarkan. Tetapi, upaya perdamaian ini harus cepat dan tidak bisa ditunda-tunda,” tulis Presiden Jokowi.

Pernyataan tersebut melanjutkan pernyataan Presiden Jokowi pada Senin, 21 Februari 2022 yang juga masih terkait dengan kondisi Ukraina.

“Rivalitas dan ketegangan di Ukraina harus dihentikan sesegera mungkin. Semua pihak yang terlibat harus menahan diri dan kita semua harus berkontribusi pada perdamaian. Perang tidak boleh terjadi.” demikian dicuitkan Presiden Jokowi.

“Saatnya dunia bersinergi dan berkolaborasi menghadapi pandemi. Saatnya kita memulihkan ekonomi dunia, mengantisipasi kelangkaan pangan, dan mencegah kelaparan,” kata Presiden.

 

Artikel Terkait