Profil Bambang Susantono, Sederet Jabatan Gemilang Eks Kepala OIKN

FTNews -  Bambang Susantono, Kepala Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) dikabarkan memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri Bambang dikonfirmasi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Lalu, seperti apa profil Bambang Susantono sebelum menjabat sebagai Kepala OIKN?

“Pak Presiden juga sudah menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keppres tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN,” kata Pratikno di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6).

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilantik oleh Presiden Jokowi pada 10 Maret 2022 di Istana Negara. Profil Bambang Susantono sebelum menjabat Kepala OIKN, dirinya menjadi Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB) untuk Urusan Pengelolaan Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe belum genap menyelesaikan masa jabatannya hingga 2027. Pratikno mengatakan, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri terlebih dahulu, lalu disusul Bambang Susantono.

“Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) Tentang Pemberhentian Pak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Pak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian beliau berdua,” lanjutnya.

Presiden Jokowi lalu menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala OIKN. Sementara, Wakil Menteri Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni wakilnya.

Foto: Global Partnership

Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono lahir di Jogja pada 4 November 1963. Ia dikenal sebagai ahli di bidang perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Ketika masih menjabat sebagai OIKN, Bambang berhasil menyelesaikan 80,82 persen pembangunan tahap pertama IKN yang difokuskan pada kawasan inti atau pusat pemerintahan.

BACA JUGA:   Sahroni: UU Ekstradisi Indonesia-Singapura Maksimalkan Penegakan Hukum

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa pada 6 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Profil Bambang Susantono selanjutnya, ia merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendidikan S1 berhasil ditamatkannya pada tahun 1987. Kemudian, pernah mengajar dan memberikan bimbingan tesis di Universitas Indonesia (UI) pada Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik.

Pada 1996, Bambang menempuh pendidikan lanjutan di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat dan menyabet gelar master tata kota dan wilayah. Tak hanya itu, ia juga meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi pada universitas yang sama.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004 sampai 2010. Ini menjadi Profil Bambang Susantono selanjutnya.

Dalam tingkat Internasional, Bambang pernah sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Hingga saat ini, dirinya menjadi anggota organisasi yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan, Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation.

Artikel Terkait