Serukan Perdamaian Dunia, Prabowo Singgung Soal Rafah

FTNews – Presiden Indonesia terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerukan pentingnya solusi damai dari konflik dunia yang melibatkan sejumlah negara seperti Palestina. Prabowo pun menyorot soal Rafah usai dapat serangan Israel beberapa waktu lalu.

Prabowo menilai perlu ada investigasi komprehensif agar kejadian serupa tidak berulang.

“Peristiwa tragis baru-baru ini di Rafah, di Gaza yang telah mengakibatkan banyak korban tak berdosa. Termasuk anak-anak, perempuan dan warga sipil,” kata Prabowo.

Prabowo menyampaikan seruan soal Rafah ini dalam forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6).

“Insiden-insiden memilukan ini memaksa kita untuk segera menyerukan investigasi komprehensif. Kita memahami sepenuhnya bahwa tragedi seperti ini sangat penting untuk dicegah agar tidak terulang kembali,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo memahami bahwa konflik yang terjadi di Palestina memiliki riwayat panjang. Ia pun menyatakan warga Palestina berhak atas kehidupan yang damai.

“Hak-hak itu tidak hanya bagi Israel. Tetapi juga hak-hak rakyat Palestina atas Tanah Air mereka sendiri dan hidup dalam damai,” tuturnya.

Menurut Prabowo, Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia merasa turut prihatin dengan peristiwa yang terjadi di Palestina.

“Mengapa ini penting bagi kami. Karena Indonesia adalah bagian dari dunia Islam. Apa yang terjadi di Gaza berdampak pada keprihatinan masyarakat Indonesia,” imbuhnya mengutip @fraksipartaigerindra.

Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina. Foto: Antara

Bertemu Presiden Ukraina

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Singapura. Pertemuan tersebut membahas persoalan pertahanan.

“Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini. Khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ungkap Prabowo dalam keterangannya, Minggu (2/6).

Di tengah tantangan keamanan global dan regional, baik Prabowo maupun Zelensky menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Kedua negara sepakat perlunya dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

BACA JUGA:   Polisi Buru Komplotan Penganiaya Bersenjata Tajam di H Nawi

Isu-isu kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza, juga menjadi agenda pembahasan, di mana Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan. Memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.

Kedua negara juga membuka peluang untuk berkolaborasi pada sektor industri pertahanan melalui transfer teknologi. Hal ini menunjukkan keterbukaan antara Indonesia dan Ukraina dalam memperluas kerja sama.

Artikel Terkait