Ini Cara Gibran Dongkrak UMKM Biar Naik Kelas

FTNews, Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka miliki cara yang hebat untuk meningkatkan investasi usaha menengah dan mendorong usaha kecil naik kelas.

Hal ini diungkapkan dirinya saat menjawab pertanyaan soal Investasi dalam Debat Perdana Cawapres 2024, di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, pada Kamis (22/12).

Awalnya moderator mengatakan bahwa kontribusi usaha menengah terhadap ekonomi kita (Indonesia) sebesar 13 persen. Sementara Thailand mencapai 18 persen dan Singapura mencapai 22 persen.

“Bagaimana strategi paslon meningkatkan investasi untuk usaha menengah dan mendorong usaha kecil naik kelas?,” tanya Moderator.

Gibran menyebutkan bahwa dalam meningkatkan investasi untuk usaha menengah adalah diperlukan menurunkan indeks Incremental Capital Output Ratio (ICOR).

“Mungkin PR kita ke depan adalah bagaimana kita bisa menurunkan indeks ICOR kita. Indeks ICOR kita turun ke angka 4 atau 5 persen sehingga investasi akan naik,” kata Gibran.

Kemudian dengan menurunnya indek ICOR maka akan menumbuhkan kepercayaan dari para calon-calon investor.

“Lalu ini yang perlu kita garisbawahi kita ingin akses untuk logistik harus terkoneksikan sehingga distribusi bisa menurun,” ungkap Gibran.

Selain itu Gibran menuturkan bahwa untuk mendorong usaha kecil naik kelas, maka diperlukan inkubasi atau proses pembinaan terhadap para usaha kecil.

“Ke depan juga kita ingin memperbanyak inkubasi, sehingga UMKM kita bisa naik kelas kita dampingi dari A sampai Z. Kita dampingi dari packaging, branding, marketing ownernya, setelah selesai kita dampingi lagi permodalannya setelah selesai kita dampingi lagi untuk bisa mendapatkan offtaker,” papar Gibran.

Artikel Terkait