Makan Daging Penyu, 9 Orang Meninggal dan 78 Lainnya Sakit

FTNews – Setiap daerah memang memiliki makanan khas yang berbeda-beda bergantung kondisi di daerah tersebut. Oleh karena itu, beberapa daerah memiliki makanan khas yang mungkin tidak lumrah bagi sebagian orang.

Meski makanan tersebut mereka konsumsi, belum tentu makanan tersebut aman bagi tubuh kita. Seperti kejadian di Pulau Pemba di Zanzibar, Tanzania, Afrika Timur, sebanyak sembilan orang meninggal dan 78 orang lainnya harus mendekam di rumah sakit akibat sebuah makanan.

Melansir dari CBS, ternyata mereka telah mengkonsumsi penyu yang juga merupakan makanan khas di sana. Namun, penyu terus memakan korban dari tahun ke tahun akibat dari keracunan makanan yang berasal dari senyawa chelonitoxism. 

Kali ini, sebanyak delapan anak-anak dan satu orang dewasa harus kehilangan nyawanya akibat dari memakan-makanan ini. Dokter Distrik Mkoani, dr. Haji Bakari, mengatakan bahwa mereka telah memakan daging penyu tersebut pada hari Selasa (5/3).

Pulau Pemba, Zanzibar. Foto: canva

Ia juga menjelaskan bahwa seluruh pasien telah memakan daging penyu setelah melakukan pengetesan di laboratorium.

Pemerintah di Zanzibar, mengirim sebuah tim untuk menangani bencana ini yang dipimpin oleh Hamza Hassan. Mereka bertugas untuk memberi tahu masyarakat untuk berhenti mengonsumsi daging penyu.

Sebenarnya, kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi di Pulau Pemba. Pada tahun 2021, sebanyak tujuh orang meninggal akibat memakan daging penyu dan tiga lainnya harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Saat ini, masih belum ada data yang menunjukkan spesies penyu yang spesifik yang berkaitan dengan kematian di Pulau Pemba.

Di luar itu, penyu adalah salah satu satwa yang sudah terancam punah. Sehingga negara-negara wajib untuk melindungi populasi penyu.

Artikel Terkait