Salip RI, Malaysia Jadi Destinasi Wisata Terfavorit di ASEAN

FTNews – Banyak negara di Asia Tenggara yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, ataupun Vietnam berebut turis-turis agar datang ke negara mereka.

Namun, Malaysia adalah negara yang berhasil menjadi tujuan wisata terpopuler di Asia Tenggara di tahun 2023. Sementara itu, Indonesia yang tadinya di peringkat keempat pada tahun 2022, harus bergeser ke posisi kelima di tahun 2023.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata Malaysia, mereka mencatat hampir 29 juta turis mampir ke negara mereka pada tahun itu. 

Ini bukan kali pertamanya pariwisata Malaysia menduduki posisi pertama se-Asia Tenggara. Sebelumnya, mereka juga pernah menduduki posisi pertama pada tahun 2009 hingga 2013.

Di posisi kedua, ada pesaing ketat Malaysia, yaitu Thailand yang mencatat kunjungan turis asing sebanyak 28 juta di 2023. Lalu, Singapura mengisi posisi ketiga dengan kunjungan 13,6 juta turis asing ke negaranya.

Salah satu destinasi wisata internasional di Indonesia, Pura Ulun Danu Bratan, Bali. Foto: canva

Indonesia menduduki posisi kelima dengan kunjungan turis sebanyak 11,7 juta turis, di bawah Vietnam dengan kunjungan 12,6 juta turis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga mengakui keunggulan Malaysia dan Thailand dalam pariwisata. Ia pun juga mulai mempertimbangkan Vietnam sebagai pesaing Indonesia saat ini.

“Jadi kita mendapatkan hasil yang luar biasa tahun lalu, yakni dari target 8,5 juta wisatawan mancanegara bisa mendapatkan capaian 11,7 juta,” ungkap Sandiaga 

“Sampai tiga kali kami revisi sampai target batas atas. Selama ini, top three di ASEAN memang tiga negara itu; Thailand, Malaysia, dan Singapura,” lanjutnya.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki konektivitas dan pola promosi yang baik untuk dapat bersaing dengan top three. Ia juga mengatakan bahwa Kemenparekraf bekerja sama dengan Kemenhub untuk meningkatkan beberapa bandara utama.

Artikel Terkait