Soal Harun Masiku, Masyarakat Diminta Langsung Lapor KPK

Forumterkininews.id, Jakarta -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan bahwa masyarakat dan siapa pun yang mengetahui keberadaan tersangka Harun Masiku (HM) agar segera melaporkan kepada lembaga antirasuah untuk ditindaklanjuti.

“Tak hentinya kami terus mengajak masyarakat, siapa pun, yang betul-betul mengetahui keberadaan HM untuk bisa menyampaikan kepada KPK atau aparat penegak hukum lainnya,” kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (23/5).

Harun Masiku yang merupakan mantan caleg dari PDIP itu telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR terpilih tahun 2019-2024.

Harun telah berstatus sebagai buronan atau dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2020.

Ali menegaskan, jika masyarakat mengetahui keberadaan Harus Masiku diminta untuk tidak menyampaikannya ke ruang publik.

“Dikhawatirkan malah akan menghambat proses pelacakan,” katanya.

Ia menuturkan, sebagai komitmen untuk menuntaskan setiap penanganan perkara, KPK tak akan berhenti mencari keberadaan tersangka Harun Masiku.

“Khususnya pada kasus dugaan suap pada KPU (Komisi Pemilihan Umum) terkait proses pergantian antarwaktu anggota DPR RI,” tuturnya.

Kendati demikian, kata Ali, KPK telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai institusi yang punya otoritas untuk bisa memantau pergerakan seseorang di lintas batas negara melalui jalur keimigrasian.

KPK juga telah berkoordinasi dengan Polri sebagai aparat penegak hukum yang memiliki atribut dan fungsi untuk bisa melakukan penangkapan terhadap seorang DPO.

Sebelumnya, KPK mengklaim masih memburu Harun Masiku yang sudah buron selama lebih dari 2 tahun. Bahkan, KPK mengajak masyarakat, termasuk Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk ikut memburu buronan kasus dugaan suap pengurusan pergantian PAW anggota DPR 2019-2024 tersebut.

Sebelumnya ICW menyatakan KPK enggan meringkus Harun masiku. Namun,  Deputi bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto mengatakan, pihaknya masih terus memburu dan meminta masyarakat, termasuk ICW, untuk melaporkan setiap informasi terkait keberadaan Harun Masiku.

BACA JUGA:   Dirut PT Surya Energi Indotama Diperiksa Penyidik Kejagung

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...