KPK Amankan 10 Orang Saat OTT Pejabat Basarnas

Forumterkininews.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan ada 10 orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Bekasi pada Selasa siang (25/7). Pejabat Basarnas turut diamankan dalam operasi senyap tersebut.

OTT yang dilakukan KPK terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas).

“Kami update informasi terakhir ada sekitar 10 orang yang sudah ada di Gedung Merah Putih KPK. Mereka dalam permintaan keterangan oleh tim KPK,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Rabu (26/7).

Baca Juga: KPK OTT Pejabat Basarnas Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Ali mengatakan tim penyidik lembaga anti-rasuah akan menganalisis keterangan dari para pihak tersebut. Dengan alat bukti yang telah disita, dan juga dugaan peristiwa pidana yang sedang dilakukan penyidikan.

Hingga tujuan akhirnya adalah menemukan pihak yang bisa dimintai pertanggungjawaban secara hukum sebagai tersangka.

“Sesuai ketentuan 1×24 jam, maka siang ini kami lakukan gelar perkara untuk menentukan hasil dari seluruh kegiatan tangkap tangan dimaksud,” ujar Ali Fikri.

“Kesimpulan dari proses tersebut juga akan kami sampaikan kepada masyarakat dan juga teman-teman,” sambungnya.

Namun demikian, Ali belum memberikan keterangan lebih lanjut soal siapa saja pihak yang diamankan tersebut.

“Mengenai siapa berbuat apa, sedang kami dalami dalam proses permintaan keterangan ini. Jadi bersabar dulu, nanti pasti akan kami umumkan secara utuh dan lengkap konstruksinya,” tuturnya.

“Siapa berbuat apa dan akan dipertanggungjawabkan dengan pasal-pasal apabila kemudian ditemukan peristiwa pidana dan adanya kecukupan alat bukti,” tambah dia. []

Artikel Terkait