Siap-siap Hadapi Debat Jumat Besok, Ini yang Dilakukan Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2, melakukan persiapan menjelang debat cawapres yang akan digelar pada Jumat (22/12/2023) mendatang.

Kesiapan tersebut, yakni mengajukan cuti meninggalkan jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta selama dua hari. Pengajuan cuti Gibran diserahkan kepada Penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana.

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkot Surakarta Herwin Tri Nugroho Adi mengatakan, Gibran mengajukan cuti dari pekerjaan sehari-hari selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat.

“Untuk kampanye dan debat. Besok kampanye, besoknya debat,” katanya kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/12).

Surat perizinan dari Pj Gubernur Jateng diketahui sudah turun pada Senin (18/12). Dengan demikian, selama dua hari, tugas Wali Kota Surakarta didisposisikan kepada Wakil Wali Kota Teguh Prakosa.

Lebih lanjut, ia memastikan kinerja pemerintahan Pemkot Surakarta tidak akan terganggu selama Gibran cuti.

Saat ditanya mengenai adanya aturan mengenai waktu lamanya cuti yang diajukan oleh Gibran, Herwin memastikan bahwa secara aturan, Gibran diperbolehkan mengambil cuti lebih dari satu hari.

“Untuk kepala daerah atau menteri yang berstatus sebagai calon presiden atau wakil presiden, menteri atau kepala daerah itu cuti sesuai kebutuhan,” katanya.

Gibran sendiri terlihat masih beraktivitas di kantornya sepanjang Rabu ini. Ketika putra sulung Presiden Jokowi tersebut ditanya mengenai persiapan debat, ia enggan menjawab banyak.

Namun, ia memastikan sudah siap untuk menjalani debat cawapres yang akan menghadapi Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat malam mendatang.

“Sudah, saya tak berangkat dulu ya,” katanya.

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Ridwan Kamil Hadiri Kick-Off Rembug Kota

FT News - Bertepatan dengan Hari Demokrasi Internasional, Rembug...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...