Gibran Rakabuming Unggah Resep Sayur Asam Agar Lebih Enak

FTNews – Calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, mengunggah sebuah tulisan di akun X miliknya yang cukup unik.

Ia mengunggah tulisan yang tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Umum 2024 ataupun pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo ini menuliskan resep dari bagaimana cara memberikan rasa kecut yang enak pada sayur asam.

“Untuk memberikan rasa kecut yang enak pada sayur asem, gunakan asam Jawa muda. Pilih yang besar agar mendapatkan rasa asam yang kuat. Selain asam Jawa muda, bisa dipakai belimbing sayur yang dipotong-potong atau air asam Jawa,” tulisnya di akun @gibran_tweet.

“Masukan air asam terakhir agar sayuran tidak menjadi alot terkena rasa asam. Saat merebus sayuran untuk sayur asem, rebus sayuran yang keras lebih dulu, seperti jagung manis dan buah melinjo, baru tambahkan sayuran yang lebih lunak,” lanjut Gibran.

Ia mengunggah tulisan ini tanpa ada konteks sama sekali. Sepertinya, wakil dari calon presiden Prabowo Subianto ini hanya ingin berbagi tips untuk membuat sayur asam yang enak.

Sayur asem, makanan khas Indonesia. Foto: canva

Sayur asam adalah makanan khas Indonesia yang memiliki banyak variasinya. Mulai dari sayur asam Betawi, sayur asam kangkung, dan sayur asam ikan asin.

Bahan dasar dari sayur asam sendiri adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sementara itu, banyak juga yang mencampurkan jagung dalam masakan ini.

Di Pulau Sumatera, sayur asam berwarna lebih keruh, merah, dan berminyak daripada sayur asam betawi. Sementara itu, di Kalimantan Selatan, mereka menggunakan terung asam, kunyit, dan kepala ikan patin untuk membuat sayur asam.

Bahkan, di Pulau Jawa sendiri, masakan sayur asam berbeda-beda. 

BACA JUGA:   Netflix Segera Buat Sekuel Film Action "Believer"

Sayur asam khas Jawa Timur, memiliki cita rasa cenderung pedas. Sementara itu, Jawa Barat sendiri memiliki isi yang sedikit dan kacang tanah yang sudah terkelupas.

Artikel Terkait